Titel

sebuah pengembaraan; yang sepertinya mudah apabila ia tidak sering-sering berhenti pada satu tempat, lalu menuju tempat lain sambil membagikan cerita tentang kasih yang telah lama dikubur di bawah setumpuk ingatan tentang sawah yang baru ditanami, bunga sepatu warna merah jambu di halaman depan rumah, dan sayu wajah perempuan desa ketika melihat sebayanya menenteng buku-buku kuliah sedang ia masih harus bekerja membersihkan meja-meja kotor di sebuah warung pecel milik tetangganya.

seperti teori-teori pada textbook tebal yang dikira dapat diingat dalam sekejap namun ternyata menguap lebih cepat. ini bentuk kekalahan prematur; seperti waktu yang diperlambat cuma-cuma demi mendapat diskon besar akhir tahun, huruf-huruf yang dipaksa disingkat rapat ketika sebuah tulisan berubah menjadi teror, dan anjing-anjing kurus berkudis yang bersanding dengan beberapa janda perang di sepanjang jalan yang mengasah kembali rasa simpati dan iba yang sebenarnya harus dihilangkan demi sebuah pengembaraan tanpa sesal.

ini lebih dari sekedar hari buruk yang dikeluhkan pada dinding berlumut dan selimut penuh kutu di dalam sebuah kamar pengap; bukan pula isi dompet yang hanya berisi dua tiket bioskop kumal dari tiga tahun lalu; dan bukan karena buku harian yang kekurangan lembaran nya hanya karena dipukul telak oleh kenyataan bahwa tidak semua impian yang tersusun baik-baik sebelum tidur akan muncul dimalam ini ataupun malam-malam selanjutnya. seperti inilah mungkin akhirnya; sebuah kemerdekaan kepada harapan-harapan untuk memberi jarak kepada keinginan. seperti telophase dalam meiosis. ini sebuah kehendak berpikir untuk berada dimana pada persimpangan jalan nanti, sehingga bibir kering ini dapat berlatih untuk membuat senyum tipis kepada perpisahan-perpisahan yang tidak terencana.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s